Welcome

thanks for visiting this blog. Here, there are all about chemistry. hope you read and enjoy it !

Penyedap Makanan Rusak Saluran Pencernaan

Kontroversi penggunaan penyedap makanan alias vetsin tidak kunjung usai. Makanan yang dibubuhi monosodium glutamate (MSG) mem­buat volume saluran pencernaan memuai, dan memicu orang makan tidak kenyang.

Pakar Gizi dan Pa­ngan Prof Ali Khomsan mengatakan, harus dia­kui MSG atau pe­nye­dap makanan, bila di­gu­nakan secara berlebihan da­pat merangsang naf­su makan.

Terutama, ma­kanan cepat saji se­perti kripik dan ma­ka­nan lainnya yang ba­nyak dibubuhi penye­dap makanan.

”Tujuannya, tentu sa­ja untuk memberikan aro­ma yang harum dan menimbulkan selera. Dengan begitu, makanan ce­pat saji atau makanan ringan seperti kripik kentang menjadi laku di pasaran,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, penyedap makanan atau monosodium glu­ta­mat salah satu membahayakan kesehatan, bila digunakan secara ber­lebihan. Apalagi makanan yang mengandung MSG tidak men­can­tum­kan jumlah kandungannya.

”Hal ini harus ditindak lanjuti karena masyarakat tidak diberikan in­formasi yang jelas, berapa nilai gizi dan kandungannya. Jadi ma­sya­rakat hanya bisa menduga, tanpa tahu kepastian kan­dungannya,” katanya.

Apalagi bila dikonsumsi anak-anak sangat berbahaya. Sebab anak ren­tan terhadap asupan dalam tubuhnya

Di samping bahaya dari penyedap rasa, bahaya lainnya yang diha­da­pi oleh masyarakat adalah efek samping bahan pengemas.

Unsur-unsur bahan pengemas yang berbahaya bagi masyarakat ka­rena terdapat zat plastik berbahaya seperti PVC yang dapat meng­ham­bat produksi hormon testeron.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comment:

Post a Comment